HUBUNGAN PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS GANDUS PALEMBANG TAHUN 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Latifah

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Gandus Palembang yang dilaksanakan pada 12-24 November 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berkunjung/berobat di Puskesmas gandus Palembang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Cross-sectional yaitu penelitian yang mempelajari variabel sebab atau resiko dan akibat yang terjadi pada objek, penelitiaan ini dengan cara pendekatan, observasi, atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat antara variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien bahwa pelayanan administrsi baik yaitu sebanyak 74 responden (74,7%) dan 25 responden (25,3%) yang menyatakan tidak baik terhadap pelayanan administrasi p value = 0,020. Sedangkan pada variabel pelayanan petugas kesehatan ada sebanyak 71 responden (71,7%) yang menyatakan bahwa pelayanan petugas kesehatan baik dan 28 responden (28,3%) yang menyatakan pelayanan petugas kesehatan tidak baik p value = 0,029. Penyajian hasil penelitian berbentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase lalu hasil penelitian dibahas serta di buat kesimpulan secara umum. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden menyatakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Gandus Palembang telah baik dan perlu ditingkatkan lagi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Latifah. (2019). HUBUNGAN PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS GANDUS PALEMBANG TAHUN 2018. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(01), 19-26. https://doi.org/10.52395/jkjims.v9i01.144