HUBUNGAN PENDIDIKAN, PEMBERIAN SUSU FORMULA DAN SUMBER AIR DENGAN DIARE PADA BALITA USIA 0-4 TAHUN DI PUSKESMAS TAMAN BACAAN PALEMBANG TAHUN 2017

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zuhana Hayun
Tafdhila

Abstract

Penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena merupakan penyumbang ketiga
angka kesakitan dan kematian. Menurut data United Nations Children’s Fund (UNICEF) dan World
Health Organization (WHO) pada tahun 2010, diare merupakan penyebab kematian nomor 2 balita di
dunia, nomor 3 pada bayi, dan nomor 5 bagi segala umur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan pendidikan, pemberian susu formula dan penggunaan sumber air dengan diare pada balita
di Puskesmas Taman Bacaan Palembang Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif
analitik dengan pendekatan cross sectional ini menggunakan data primer yang langsung dari
responden melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah balita usia 0-4 tahun yang datang
berkunjung ke Puskesmas Taman Bacaan Palembang, adapun sampel yang diambil dalam penelitian
menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 59 responden. Hasil analisis didapatkan ada
hubungan yang bermakna antara pemberian susu formula dengan kejadian diare pada balita di
Puskesmas Taman Bacaan Palembang Tahun 2014 (ρ value = 0,029). Ada hubungan yang bermakna
antara pendidikan dengan kejadian diare pada balita di Puskesmas Taman Bacaan Palembang Tahun
2014 (ρ value = 0,026). Ada hubungan yang bermakna antara penggunaan sumber air dengan kejadian
diare pada balita di Puskesmas Taman Bacaan Palembang Tahun 2014 (ρ value = 0,010). Adapun
saran yang diberikan diharapkan tenaga Kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan setiap satu
bulan sekali kepada masyarakat mengenai cara pencegahan diare.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zuhana Hayun, & Tafdhila. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN, PEMBERIAN SUSU FORMULA DAN SUMBER AIR DENGAN DIARE PADA BALITA USIA 0-4 TAHUN DI PUSKESMAS TAMAN BACAAN PALEMBANG TAHUN 2017. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 8(01), 79 - 86. https://doi.org/10.52395/jkjims.v8i01.183