HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PERAWATAN UMUM PENYAKIT DALAM RSUD PALEMBANG BARI TAHUN 2016
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Caring merupakan “heart” profesi dari keperawatan, fenomena di Rumah Sakit mengindikasikan
adanya kecenderungan perawat tidak caring dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien.
Keadaan ini berdampak pada kualitas asuhan keperawatan yang pada akhirnya mempengaruhi
kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan khususnya dan pelayanan kesehatan pada
umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan
kepuasan pasien di ruang perawatan umum penyakit dalam RSUD Palembang BARI Tahun 2016. Jenis
penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, tehnik pengambilan sampel dengan
kuota sampling berjumlah 78 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 April sampai 06 Mei
2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa 51,3% pasien menyatakan perilaku caring perawat baik,
56,4% pasien menyatakan puas dengan perilaku caring perawat dan didapatkan ada hubungan yang
bermakna antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap dengan nilai p
value 0,000. Disarankan bagi RSUD Palembang BARI penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai
bahan masukan dan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan terutama tentang
caring perawat.