HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BAGIAN PENDAFTARAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT DI PALEMBANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan, bertujuan untuk meuwujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Untuk itu perlu adanya pengukuran kepuasan pasien. Dari studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh adanya ketidakpuasan pada pelayanan di bagian pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit di Palembang. Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini, yakni pasien rawat jalan Rumah Sakit di Palembang sebanyak 1078 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan sebanyak 91 orang. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner, ditampilkan dalam tabel dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian terdapat hubungan antara mutu pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan memiliki hubungan yang signifikan. Rumah Sakit sebagai penyedia layanan kesehatan sebaiknya lebih memprioritaskan mutu pelayanan, karena mutu pelayanan di bagian pendaftaran mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pasien dengan cara penambahan sumber daya manusia, memperhatikan waktu tunggu dan upaya pemasaran jasa rumah sakit ke berbagai wilayah.