PENGARUH PEMBERIAN BOOKLET PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN CHOOKING PADA TOODLER TERHADAP PENGETAHUAN IBU
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar Belakang : Kondisi kegawatdaruratan pernapasan akibat tersedak dapat dicegah apabila orang yang berada di sekitar anak tersebut mampu melakukan penanganan yang benar. Pendidikan kesehatan perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam menangani anak saat tersedak yaitu dengan melakukan pertolongan pertama, salah satunya dengan media booklet. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian booklet penanganan kegawatdaruratan pada toodler terhadap pengetahuan ibu. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan rancangan two group pre and post test design. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemberian booklet penanganan kegawatdaruratan chooking pada toodler dan variabel dependen adalah pengetahuan ibu. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak toodler berjumlah 30 orang. Hasil : menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai sebelum dan sesudah intervensi melalui uji wilcoxon diperoleh p value = 0.000, karena nilai p < 0,05, maka secara statistik dapat dikatakan ada pengaruh pemberian booklet penanganan kegawatdaruratan chooking pada toodler terhadap pengetahuan ibu. Saran: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu rencana intervensi tambahan bagi petugas kesehatan dalam memberikan pendidikan kesehatan bagi masyarakat.