HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amalia

Abstract

Memahami kebutuhan keinginan dan kebutuhan pasien adalah hal yang sangat penting dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien diartikan sebagai respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja actual yang dirasakan setelah pemakaian. Setiap manusia mempunyai hak asasi berupa kesehatan, selain itu sebagai salah satu komponen kesejahteraan, kesehatan harus diwujudkan untuk seluruh lapisan masyarakat yang sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebgaimana tertuang dalam Undang- Undang Dasar 1945. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yang berjumlah 77 responden dengan populasi sebanyak 340 pasien. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa didapatkan hasil kepuasan pasien sebagian besar puas sebanyak 45 (58,4%) dan pelayanan kesehatan yang diberikan baik sebanyak 45 (58,4%). Hasil uji statistik didapatkan hasil p-value = 0,049 dimana ada hubungan yang siginifikan antara kepuasan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Bahwa penelitian ini terdapat hubungan antara kepuasan dengan kualitas pelayanan kesehatan, disarankan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai dimensi mutu terutama pada kehandalan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amalia. (2022). HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(02), 63 - 70. https://doi.org/10.52395/jkjims.v12i02.346