ANALISIS PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD PALEMBANG BARI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mellwanda Riski
Helsy Desvitasari
Latifah
Tini Yurika

Abstract

Perilaku caring perawat merupakan fokus dalam pelayanan keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional, perilaku caring merupakan salah satu indikator kepuasan klien. Berdasarkan laporan hasil di RSUD Palembang Bari rata-rata tingkat kepuasan pasien pada tahun 2021 adalah 80% - 85%. Walaupun demikian, masih sering dijumpai adanya keluhan dari pasien tentang pelayanan keperawatan yang masih dianggap kurang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap perawatan umum RSUD Palembang Bari. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Analitik cross sectional. jumlah sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat.Adapun hasil penelitian didapatkan perawat berperilaku caring baik (73,0%), dan sebagian besar pasien puas (78,7%). Hasil uji statistik perilaku caring terhadap kepuasan pasien diperoleh p value sebesar 0,000 < α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di ruang rawatinap perawatan umum RSUD Palembang Bari. Dan diharapkanperawat dapat terus meningkatkan pelayanan keperawatan yang profesional dan optimal dengan menerapkan perilaku caring sebagai landasannya melakukan setiap tindakan praktik keperawatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mellwanda Riski, Helsy Desvitasari, Latifah, & Tini Yurika. (2022). ANALISIS PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD PALEMBANG BARI. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(02), 88 - 95. https://doi.org/10.52395/jkjims.v12i02.349